Media Informasi Pemberdayaan

Sabtu, 24 Maret 2012

Syukur Masyarakat Adanya Pengadaan Air Bersih



Sei.Limau,Palito Piaman - Dengan adanya pengadaan air bersih, masyarakat Korong Kamumuan khusunya dusun Guguak sudah bisa tenang . Sebelumnya masyarakat Guguak sangat sulit mendapatkan air bersih (20/02/2012).
 Walaupun timbulnya kekwatiran masyarakat akan konsumsi air minum yang kurang sehat tapi apa boleh buat cuma itu yang ada. Sekarang keluarga saya sudah bisa menikmati air bersih dari program PNPM-MPd, sebelumya kami hanya mengandalkan air hujan, kalau sudah satu minggu tidak hujan, persedian air hujan yang kami tampung sudah habis, kami akan kesulitan mendapatkan air minum. biasanya untuk mendapatkan air yang bersih saya mesti menempuh jarak ± 3 KM, kata Sarni (40)

Dengan adanya pengadaan air bersih ini masyarakat sangat senang sekali karena dengan air yang bersih ini kesehatan masyarakat pemanfaat bisa terjaga. Korong Kamumuan yang sekarang sudah menjadi Nagari Guguak Kuranji Hilir terdiri dari 6 korong dengan jumlah penduduk 3.414 dengan RTM (Rumah Tangga Miskin) 1.700 orang. Pengadaan air bersih ini terletak di Guguak yang sekarang menjadi Korong Guguak.  Korong Guguak  terdapat 60 KK yang bisa memanfaatkan dan menikmati air bersih dari program PNPM-MPd ini.  Bangunan Pengadaan air bersih ini berukuran 8 x 12 M, didalamya terdapat 2 ruangan MCK dan 5 kran air yang terletak di dalam ruangan dan di luar ruangan, tutur Bendahara TPK (Tim Pengelola Kegiatan) Alfisyah.
Sulitnya mendapatkan air bersih disebabkan karena daerah dusun Guguak terletak di daerah perbukitan, akibat yang akan ditimbulkan jika masalah ini tidak mendapat solusi, maka yang nantinya berdampak timbulnya berbagai jenis penyakit. Maka dari itu pada anggaran 2011 masyarakat kamumuan mengajaukan profosal pengadaan air bersih ini. Alhamdulillah sekarang masyarakat sudah bisa merasakan manfaatnya. Bukan itu saja pengadaan air bersih dengan system sumur ini tepatnya terletak di depan mesjid Surau Jariang, kondisi ini akan terasa sekali manfaatnya bagi masyarakat di luar Korong apabila masyarakat tersebut mampir ke Surau untuk melaksanakan ibadah sholat, tutur Wali Korong Erman.
Fasilitator Teknik, Gusriadi mengatakan pengadaan air bersih ini  dengan anggaran 2011 senilai Rp148.628.00, menggunakan system sumur bor dengan mengunakan Tangki Tedmond kapasitas 5.200 Liter dan mesin Pompa Grunfus + Acc. Usulan pengadaan air bersih dari Korong Kamumuan sangat tepat sekali. Hal ini terlihat dari besarnya manfaat dari adanya air bersih ini.m
Camat Sungai Limau, Zaldi Arnas dan PJOK  Febriady Hariko (Penanggung Jawab Operasional) mengatakan dengan adanya kegiatan dari program PNPM-MP yang berupa penggadaan air bersih di harapkan seluruh masyarakat berpartisipasi menjaga hasil dari kegiatan ini dan tentunya adanya rasa saling memiliki. (Darma Riza / Sungai Limau)