Media Informasi Pemberdayaan

Kamis, 21 Maret 2013

SIKOMPAK AKU LANJUT

SIKOMPAK AKU LANJUT
PNPM-Mandiri Perdesaan merupakan sebuah Program  yang mempunyai tujuan untuk membangun dan meningkatkan kesejahteraan hidup masyarakat yang berada diwilayah perdesaan dengan pola utama pemberdayaan demi mengembangan karakter manusianya.
Sapu lidi bertuliskan Sikompakk Aku Lanjut merupakan salah satu simbol dari program ini. Mengapa Sapu lidi? Sapu lidi ini lah yang melambangkan kebersatuan dalam Program PNPM-Mandiri Perdesaan, bisakah satu lidi digunakan untuk menyapu? Tentu tidak bisa. Untuk dapat menyapu kita kita harus mempersatukan banyak lidi, sama halnya dengan diri kita. Apakah mungkin jika kita membangun sebuah desa hanya seorang diri? Tentu tidak mungkin.
Lalu apakah maksud dari kalimat Sikompakk Aku Lanjut yang tertera di atas gambar sapu lidi tersebut?. Selain untuk motto penyemangat, kalimat Sikompakk Aku Lanjut ini sendiri adalah singkatan dari tujuh prinsip yang ada di dalam program PNPM-Mandiri Perdesaan.
“Si” yang merupakan singkatan dari Transparansi atau Keterbukaan, “KOM” adalah singkatan dari Keberpihakkan pada Orang Miskin, “Pa” berarti Partisipasi atau Peran serta masyarakat, “K” adalah Kompetisi atau Prioritas, “K” merupakan Kesetaraan Gender yang berarti dalam program PNPM-Mandiri Perdesaan hak suara tidak pernah dibedakan, “AKU” yang berarti Akuntabilitas yang memiliki arti Pertanggung jawaban yang dilaksanakan oleh setiap Pelaku untuk setiap kegiatan yang dilaksanakan di PNPM-Mandiri Perdesaan kepada masyarakat selaku pemilik dari program ini, dan yang terakhir adalah “LANJUT” yang berarti keberlanjutan, yang mana diharapkan dalam setiap pengambilan keputusan harus mempertimbangkan kepentingan peningkatan kesejahteraan masyarakat yang bersifat berlanjut dan tidak berdampak negatif terhadap lingkungan.(Nanna Yulytia Penlok Kec.VII Koto)