Media Informasi Pemberdayaan

Jumat, 25 Oktober 2013

Setelah Penantian Panjang Akhirnya Dana DDUB dapat Direalisasikan

Palito Piaman, Dalam rangka pelaksanaan kegiatan PNPM-MPd Kab. Padang Pariaman TA 2013 yang telah memasuki tahap penyelesaian kegiatan, maka pada tanggal 25 oktober 2013, DDUB (Dana Daerah Urusan Bersama) atau yang lebih familiar disebut dana “cost sharing” masuk kerekening BPNPM Masing-masingKecamatan. Berdasarkan konfirmasi yang diperoleh dari beberapa kecamatan telah dipastikan bahwa dana DDUB yang dimaksud telah masuk ke rekening kolektif BLM yang dikelola oleh UPK. Jumlah alokasi DDUB tersebut sebesar 1,4 M meliputi 16 kecamatan di Kabupaten Padang Pariaman.

Keterlambatan Masuk dana DDUB ini disebabkan karena pada penempatan rekening, yang mana awalnya dimasukan di rekening hibah dan seharusnya dimasukan pada rekenig bansos, setelah melalui proses yang panjang dan berliku-liku akhirnya dana DDUB tersebut bisa direalisasikan sehingga kabupaten padang pariaman selamat dari ancaman untuk dipertimbangkan keberlanjutannya pada program PNPM MPd  tahun 2014 sebagaimana surat Kementreian Dalam Negeri No.900/5912/PMD tertanggal 29 Agustus 2013

Seperti yang kita ketahui bersama Alokasi dana PNPM-MPd bersumber dari 2 kantong, kantong yang pertama dari APBN sebesar 95% sebesar Rp.28,025.000.000,-, dan alokasi ke-2 dari dana APBD sebesar 5% Sebesar 1.475.000.000,- Jumlah total dana BLM (Bantuan Langsung Masyarakat)  Rp. 29.500.000.000,-

Pada periode bulan September s/d oktober 2013 ini dana yang berasal dari APBN tahap-1 sebesar 40% telah dicairkan dan disalurkan ke masyarakat, sementara dana APBN tahap-2 sebesar 90% dari beberapa kecamatan juga telah dicairkan, dan bahkan disebagian besar kecamatan hanya menunggu Masuknya Dana DDUB tersebut dalam penyelesaian kegiatan tahun 2014 ini.

Dengan cairnya dana DDUB diharapkan pelaksanaan kegiatan tidak menemui kendala yang berkaitan dengan ketersediaan dana. Beberapa rekan fasilitator  dan UPK mengucapkan syukur atas hal ini dan mengucapkan ribuan terima kasih kepada semua pihak yang telah berkontribusi sehingga dana DDUB dapat dicairkan.dan himbauan dari Faskab PNPM-MPd Kabupaten Padang Pariaman agar kawan-kawan Fasilitator dan UPK dilapangan Agar segera mengejar progres dikecamatan masing-masing.



Erik Eksrada, S.Pd I