Media Informasi Pemberdayaan

Kamis, 25 April 2013

Orientasi Penaganan Masalah Anatara PNPM_MPd Dengan KAN Dikabupaten Pdg Pariaman

Orientasi Penaganan Masalah Anatara PNPM_MPd Dengan KAN Dikabupaten Pdg Pariaman
Padang Pariaman, Dalam Rangka Mensukseskan Kegiatan PNPM-MPd Di Kabupaten Padang Pariaman  Pokja RBM (Ruang Belajar Masyrakat) Bidang Kebutuhan Lokal Melaksanakan Orientrasi dengan Pengurus KAN (Kerapatan Adat Nagari ) Sekabupaten Padang Pariaman, Selasa,(23/4).yang mana pesertanya utusan dari KAN Dimasing-masing nagari yang berda dikabupaten padang Pariaman.
Orientasi antara PNPM-MPD Kabupaten Padang Pariaman dengan KAN ini memberikan Pembekalan kepada KAN dalam Proses pelaksanaan PNPM-MPD Sebab apapun Jenis kegiatan yang akan dilaksanakan disuatu nagari atau kecamatan tidak akan bisa dilaksakan tampa dukungan dari niniak Mamak dan Keberadaan sebuah lembaga Adat di nagari mempunyai peran yang Sangat strategis dalam bekerja sama membangun anak kamanakan, Korong jo kampung, adat jo limbago, cupak jo gantang, Imbuh Kepala BPMPKB  Rasid, SE.MM  dalam Pembukaan Acara Orientasi Ini.
Peran ninik mamak penting dalam pembangunan, karena merekalah yang membimbing anak kemenakan di dalam suatu nagari atau pemerintahan yang paling rendah. "Ninik mamak harus berperan dalam pembangunan dan mendukung program pemerintahan nagari," Kata Abdul Gani Arif Datuak Rangkayo Mudo Ketua Harian LKAAM Kabupaten Padang Pariaman Sekaligus Pemateri Dalam Orientasi Ini, Dia menambahkan suatu nagari akan menjadi baik kalau Nagari tersebut didukung penuh penghulu. Seorang penghulu selalu menyatu dengan masyarakat terutama suku atau kamumnya
Materi dalam orientasi ini lebih menitik beratkan kepada peran niniak mamak dalam mendukung Program Pemerintah PNPM-Mpd Khusunya,dan penanganan masalah yang ada diseputaran kegiatan PNPM-MPD Kabupaten Padang Pariaman.
Semoga dengan adanya orientasi ini pelaksanaan PNPM-MPD dikabupaten padang pariaman akan lebih baik  dengan keterlibatkan Niniak mamak yang dilingkung dalam wadah atau forum Kerapatan adat nagari yang ada dimasing-masing nagari dikabupaten padang pariaman.(erik eksrada)