Media Informasi Pemberdayaan

Sabtu, 17 Mei 2014

MP3KI Siap Danai Kecamatan Sungai Limau

PalitoPiaman,persiapan Pelaksanaan MP3KI (Masterplan Percepatan dan Perluasan Pengurangan Kemiskinan Indonesia) di Kecamatan Sungai Limau, segenap pelaku PNPM tingkat Provinsi sampai kecamatan dan Bapedda menggelar Pertemuan di kantor BPMPKB Padang Pariaman,
Pertemuan dihadiri oleh Satker Provinsi (Muchlis dan Zainul Akmal), Koordinator Provinsi (Arry Chandra k), Bapedda  (Defri Albert), Satker Kabupaten (Hanurawan dan Deded Permana), Faslitator Kabupaten (Fauzan Mesra dan Aidil Hasril), Camat (Zaldi Arnas), Pjok (Evi Darnis),  BKAN (Maifrizal Razali) Fasilitator Kecamatan (Iswandri dan Muhammad Fauzi )dan UPK (Elvianti, Darmariza dan Miswarni).
Koordinator Provinsi Arry Chandra k mengatakan, MP3KI ini adalah dokumen perencanaan penanggulangan kemiskinan jangka panjang yang menjadi acuan bagi seluruh pihak di dalam menyusun dan mengembangkan kebijakan penangulangan kemiskinan di masa yang akan datang. Untuk Sumatera Barat hanya tiga kecamatan yang didanai dan satu perkotaan, yaitu Kabupaten Danah datar adalah kecamatan Rambatan, Kabupaten Solok kecamatan Tigo Lurah Bajanjang dan Padang Pariaman Kecamatan Sungai Limau. Kecamatan sungai limau akan didanai sebesar Rp. 2.324.000.000 dengan jumlah dana per kegiatan Rp.500.000.000 s/d 1.500.000.000. kegiatan ini adalah lintasan kawasan contohnya peningkatan jalan yang nantinya dapat menghubungkan nagari ke nagari lainnya.
Berhasil atau tidaknya pelaksanaan MP3KI ini di Kecamatan Sungai Limau akan membawa nama Sumatera Barat. Ada lima item yang akan didanai seperti pelatihan, pembangunan infrastruktur air bersih dan sanitasi, pembangunan jalan dan jembatan, pembangunan infrastrukutur listrik dan pegembangan irigasi permukaan. Namun belum ada daftar usulan kegiatannya, nah sekarang kita menunggu dari Bapedda terang PjoKab Hanurawan.
“insyaalah di kecamatan akan dilakukan penetapan dari usulan ini serta menetapkan TPK dan Pokja-Pokja pada hari Jum’at Tanggal 25 April 2014” tambah Camat Sungai Limau Zaldi Arnas.
Dari petemuan disepakati  sebelum tanggal 25 April 2014 Bapedda telah mengeluarkan daftar usulan dan dilanjutkan pada tanggal 25 April 2014 pelaksanaan penetapan di Kecamatan Sungai Limau.
Sementara Satker Provinsi Muchlis mengatakan masyarakat Sungai Limau patut bersyukur dan bangga karena akan didanai oleh MP3KI ini. Saya berharap dalam pelaksanaan nanti manfaatkan potensi lokal, misalnya sirtu ataupun pekerja dari daerah setempat sehingga uang berputar di daerah tersebut dan bekerja berdasarkan aturan yang ada serta bukti dan fakta misal salah satunya dokumentasi. Apabila kita bekerja sesuai aturan yang ada, maka pekerjaan apapun yang dikerjakan akan membuahkan hasil yang baik(Darma Riza)