Media Informasi Pemberdayaan

Sabtu, 27 Oktober 2012

BAGAIMANA ANDA MENGELOLA RAPAT YANG PRODUKTIF?


BAGAIMANA ANDA MENGELOLA RAPAT YANG PRODUKTIF?


  1. Ingatlah bahwa mengelola orang lain dalam sebuah rapat tidaklah cukup dengan hanya mengandalkan semangat dan keinginan yang kuat! Akan tetapi sebelum semua itu, hendaknya kita mengandalkan taufik (petunjukNya) dan pertolongan dari Allah.
  2. Ingatlah bahwa rapat adalah sebuah forum yang alami untuk mempertemukan berbagai gagasan dan pemikiran! Oleh karena itu, agar gagasan dan pemikiran ini bisa bertemu dan berpadu maka harus diupayakan terlebih dahulu adanya pertemuan perasaan dan hati.
  3. Biarkan setiap peserta rapat mengungkapkan kegelisahan-kegelisahannya!
  4. Usahakan orang lain bisa berada di pihak Anda dan jangan berpihak kepada seseorang serta berusahalah agar kelompok Anda tetap solid sebagai satu kesatuan!
  5. jangan sampai ada penghalang apa pun antara Anda dengan para peserta rapat yang lain seperti bila anda duduk di belakang meja atau sebaliknya!
  6. Catatlah target-target Anda dari rapat ini secara tertulis sehingga hal itu bisa membantu Anda untuk mengecek kebenaran dan kesempurnaannya! Dan berusahalah agar Anda berbicara dengan kata-kata yang jelas di hadapan para peserta rapat!
  7. Susunlah agenda acara dalam bentuk yang logis! Terutama apabila ada salah satu materi yang bertumpu pada keputusan yang telah ditetapkan berdasarkan materi sebelumnya atau data-data yang terkumpul mengenai materi tersebut.
  8. Hendaknya anda meletakkan materi-materi yang sulit di tengah agenda acara dan tidak di permulaannya, hal ini akan membantu upaya mendiskusikan materi-materi tersebut secara optimal karena para peserta rapat semuanya bergabung secara fisik dan psikis serta masih memiliki semangat dan vitalitas!
  9. Secara prinsip, semua topik yang akan didiskusikan dalam forum rapat hendaknya sudah disikusikan terlebih dahulu oleh panitia khusus dari semua aspeknya!
  10. Ketika melihat suatu forum rapat yang sukses, maka hendaknya Anda secara otomatis berpikir betapa besar kadar persiapan dan upaya yang telah dikerahkan sebelumnya! Karena rapat yang sukses tidak terjadi secara kebetulan!
  11. Pengalaman Anda sendiri silahkan ditambahkan! Apa lagi?
  12. Apa lagi? Pikirkanlah…